BUKU CAKRUK PUBLISHER DIBEDAH DI TULUNGAGUNG

December 27, 2014 at 11:58 pm Leave a comment

TULISAN Dr. Ngainun10850302_10203562703931794_4886320651294252255_n Naim, yang berjudul ‘Jauhkan Saja Generasi Mudanya dari Buku’ diam-diam saya curi dari blognya: http://spirit-literasi.blogspot.com/. ditulis di Trenggalek, 20 Desember 2014, persis setelah membedah buku ‘Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri’ di Aula PCNU Tulungagung Jatim, pagi harinya.

Ungkap beliau selengkapnya:

Saya agak terkejut ketika awal Desember kemarin Mas Ahmad Fauzan—dosen muda IAIN Tulungagung dan juga aktivis Taman Baca Masyarakat—datang ke ruang saya. Setelah berbasa-basi Mas Fauzan menyampaikan bahwa saya diminta untuk menjadi pembedah dari buku yang ditulis oleh Muhsin Kalida, M.A dan Muh. Mursyid. Judul bukunya sangat menarik, yaitu Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Buku ini baru saja terbit pada awal bulan Desember oleh Cakruk Publishing Yogyakarta bekerja sama dengan Aswaja Pressindo.

Bagi saya, ini merupakan sebuah kehormatan. Sebagai orang yang mencintai dunia literasi, saya menyambut hangat tawaran Mas Fauzan. Secara personal saya juga sudah cukup akrab dengan Muhsin Kalida, MA sehingga kesempatan ini tidak saya sia-siakan. Saya sambut hangat tawaran Mas Fauzan untuk menjadi seorang pembanding.

Beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 10 Desember, Mas Fauzan datang lagi. Kali ini dia membawa buku Gerakan Literasi yang masih dibungkus plastik. Buku ini jatah buat saya yang menjadi pembedah. Saya pun menerima dengan penuh kegembiraan.

Segera buku ini saya baca secara ”ngemil”, yakni pelan-pelan dan sedikit demi sedikit. Beberapa bagian yang penting saya catat untuk kemudian saya pindahkan ke komputer. Cara semacam ini, menurut pengalaman saya, cukup menguntungkan karena bisa bermanfaat untuk aktivitas menulis selanjutnya.

Tepat hari minggu tanggal 20 Desember 2014, acara bedah buku dilaksanakan. Acara cukup meriah. Saat pembukaan, beberapa pejabat datang. Bupati diwakili dari Kesbanglinmas, ada Kepala Perpusda beserta dua stafnya, ada perwakilan Dikdasmen, ada perwakilan Kemenag, dan juga Pengurus Cabang NU Tulungagung. Lengkap dan cukup meriah.

Acara dimoderatori oleh M. Najib Yuliantoro. Mantan aktivis IPNU Ancab Ngunut Tulungagung yang merupakan alumni S-2 sebuah perguruan tinggi di Belgia ini berhasil membawa suasana bedah buku terasa hidup dan bersemangat. Antuasiasme peserta terlihat dari wajah-wajah mereka. Saat awal, Kepala Perpusda, Drs. Ali Murtadhi, M.Si memberikan uraian tentang apa itu perpustakaan, perannya, dan juga strategi membaca yang efektif. ”Seluruh peserta yang hadir di acara ini saya gratiskan untuk daftar menjadi anggota perpustakaan daerah”, papar Ali. Tentu saja, tawaran ini disambut tepuk tangan dan antusiasme peserta bedah buku.

Seusai Pak Ali, Muhsin Kalida selaku penulis buku menyampaikan orasi. Muhsin Kalida bukan hanya seorang penulis, melainkan juga dosen, motivator, enterpreneur, dan aktivis berbagai bidang. Karena itu, saat memaparkan bukunya sangat memukai. Secara santai ia mampu berdialektika secara intensif dengan peserta. Cara semacam ini memungkinkan ia memiliki hubungan emosional yang baik dengan peserta. Secara substansi Muhsin menekankan tiga hal sebagai kunci literasi, yaitu; membaca, menulis, dan menerbitkan karya.

Seusai Muhsin Kalida, giliran saya yang didaulat sebagai pembanding. Saya sampaikan bahwa buku yang ditulis Muhsin Kalida dan Muh Mursyid ini merupakan sebuah buku luar biasa. Judulnya saja “Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri”. Setelah membaca buku tersebut saya menyimpulkan bahwa buku yang bersampul pohon yang tumbuh di atas lembaran buku tersebut kaya ilmu, kaya warna, kaya perspektif, dan kaya pengalaman. Selain itu, buku tersebut ditulis oleh orang yang memang bergerak secara intensif dalam dunia literasi. Karena itu, buku ini tidak hanya berbicara secara teori tetapi juga berisi pengalaman praktis berliterasi.

Ini catatanku, mana catatanmu?

Advertisements

Entry filed under: TBM.

MENGGAGAS GERAKAN LITERASI PESANTREN TAMU DARI LN DI CAKRUK PINTAR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Welcome to Cakruk Pintar

Jangan Biarkan TBM anda Mati Gara-gara tidak ada dana !!!

Buku Terbaru team kreatif capin

Supported by Cakruk Publishing

Strategi Networking TBM

Library and Information Study Center

Library and Information Study Center - UIN Sunan Kalijaga YK

Welcome to Twitter

Statistik Pengunjung

  • 11,335 User (Pengguna)

Archives Kegiatan


%d bloggers like this: