Festival Janur & diskusi budaya bersama mahasiswa SIT – USA

February 26, 2012 at 4:08 pm Leave a comment

Minggu (26/02/2012), Cakruk Pintar mengadakan kegiatan belajar membuat kerajinan dari daun. Kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk memperkenalkan kerajinan tradisional yang selama ini kurang diminati karena terkikis oleh permainan yang berteknologi.

Cuaca pagi nampak sangat cerah. Kicauan burung dan aliran air di sungai Gadjah Wong ikut menyegarkan suasana. Tepat pukul 08.00-09.30 acara belajar membuat kerajinan daun dimulai di TBM Cakruk Pintar. Dalam kegiatan ini, diikuti juga oleh lima mahasiswa School International Training (SIT) dari USA. Mahasiswa tersebut adalah Emma, Alexandra, Katelyn, Taylor dan Lia. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh anak-anak sehingga mahasiswa SIT bisa berbaur dengan anak-anak di sekitar daerah Nologaten.

Kegiatan belajar membuat kerajinan dari daun ini menggunakan bahan dasar dedaunan yang bisa kita dapatkan dengan mudah di sekitar kita. Misalnya adalah daun kelapa (janur) dan daun nangka. Dua jenis daun ini adalah daun yang sangat mudah didapatkan dan terkadang jarang dimanfaatkan secara maksimal.

Kegiatan ini dimulai dengan membuat kerajinan dengan bahan dasar daun kelapa (Njanur). ‘Njanur’ ini diperkenalkan kepada mahasiswa SIT karena mempunyai nilai filosofis. Selama ini potensi otak kita belum terpakai secara maksimal, terutama otak kanan. Hal inilah yang menyebabkan seseorang menjadi kurang kreatif. Pada kegiatan ‘Njanur’ ini salah satunya bertujuan untuk menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri agar kita menjadi orang yag kreatif .

Selain itu, Indonesia adalah negara yang subur dan mempunyai banyak jenis tanaman, diantaranya adalah buah kelapa. Buah kelapa adalah buah yang semua bagian pohonnya bisa dimanfaatkan. Mulai dari dasar akar sampai dengan ujung daunnya, yaitu janur.

Dalam kesempatan ini, para mahasiswa SIT dan anak-anak diajari untuk membuat ‘Keris-kerisan’, ketupat dan terompet dari janur yang dihiasi dengan balon. Saat membuat ‘keris-kerisan’, mereka tampak sangat antusias dan bersemangat. Bahkan ada diantara mahaiswa SIT dan anak-anak yang merasa kebingungan karena harus melipat-lipat janur tersebut. Meskipun demikian, mereka tetap senang. Pada akhirnya, mereka yang dipandu oleh teman-teman dari Cakruk Pintar akhirnya bisa membuat ‘keris-kerisan’, terompet dan ketupat dengan benar.

Tidak sampai itu saja, mereka juga diajari untuk membuat mahkota dari bahan dasar daun nangka. Daun nangka yang selama ini sangat mudah didapatkan dan bahkan dibuang, ternyata bisa dibuat sebuah kerajinan yang unik. Hal ini lah yang diperkenalkan kepada mahasiswa SIT dan anak-anak.

Bagi sebagaian dari kita, hal semacam ini terlihat sepele dan main-main saja, namun bagi mereka kegiatan ini adalah salah satu kegiatan untuk mengetahui sosio-kultural yang ada di Jawa. Kerajinan tardisional semacam ini lah yang seharusnya terus dilestarikan dan diperkenalkan terhadap generasi sekarang, jika tidak, maka suatu saat nanti kerajinanseperti ini pasti akan punah.

Advertisements

Entry filed under: homestay.

Bersama ketum PP-FTBM Gol A Gong kegiatan Festival Janur Festival masak-masak bule USA (SIT) bersama ibu-ibu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Welcome to Cakruk Pintar

Jangan Biarkan TBM anda Mati Gara-gara tidak ada dana !!!

Buku Terbaru team kreatif capin

Supported by Cakruk Publishing

Strategi Networking TBM

Library and Information Study Center

Library and Information Study Center - UIN Sunan Kalijaga YK

Welcome to Twitter

Statistik Pengunjung

  • 11,335 User (Pengguna)

Archives Kegiatan


%d bloggers like this: